Sabtu, 07 Januari 2012

MANFAAT EKSTRAK IKAN GABUS untuk SIROSIS HATI

Oleh : ROKIT,SP
Penyuluh Perikanan Kabupaten Sinjai

Di negara maju, Sirosis hati merupakan salah satu penyebab kematian terbesar ketika penderita menginjak usia 45-46 tahun. Berbagai pengobatan dengan menggunakan herbal selalu dikembangkan didunia kedokteran. Salah satunya adalah pengembangan ekstrak Ikan Gabus untuk Sirosis hati.
Sirosis hati merupakan kelanjutan dari penyakit hati menahun, misalnya hepatitis B atau C yang ditandai dengan perubahan anatomi sel-sel hati menjadi jaringan ikat. Pasien sirosis hati umunya mengalami gangguan dalam proses metabolisme zat menjadi energi. Gejala dan penyakit yang menyertai sirosis hati di antaranya asites (busung air), anemia, protein energi malnutrisi, gangguan sistem imun, dan ensefalopati hepatik.
Prof. Dr. Nurul Akbar,SpPD-KGEH menjelaskan; “serangkaian serangan pada hati ini nantinya akan berakibat pada menurunnya kwalitas hidup penderita” dan Dokter Nurul menjelaskan lanjutan bahwa “salah satu cara untuk meringankan penderita sirosis hati ini adalah dengan meringankan kerja beban hati, aktifitas sehari-hari disesuaikan dengan kondisi tubuh. Pemberian obat-obtan (hepatotoksik) harus dilakukan dengan sangat hati-hati”. Selain itu, penderita diharuskan diet seimbang, cukup kalori dan mencegah konstipasi (kembung) pada  keadaan tertentu penderita disarankan untuk diet rendah protein dan rendah garam. Penentuan diet ini akhirnya menjadi dilema tersendiri, disatu sisi diet tinggi protein untuk memperbaiki status nutrisi akan menyebabkan hiperamonia (kelebihan amonia) yang berakibat terjadinya ensefalopati (gangguan fungsi otak). sedangkan asupan protein rendah maka kadar albumin dalam darah akan menurun sehingga terjadi malnutrisi yang akan membentuk keadaan hati. Dr. Nurul menjelaskan “untuk itu diperlukan nutrisi khusus hati yang kaya dengan asam amino penting lain seperti argimin, histidin, vitamin, dan mineral. Nutrisi khusus hati ini menjaga kecukupan, kebutuhan protein dan mempertahankan keadaan albumindarah tanpa meningkatkan resiko terjadinya hiperamonia.

Manfaat Ikan Gabus
Ikan dan hasil perikanan lainnya sangat bermanfaat, bukan saja karena nilai gizinya tetapi juga kelebihannya memberikan nilai tambah yang berkaitan dengan kesehatan. Sebagian bahan pangan, hasil perikanan merupakan sumber potein yang tinggi kwalitasnya dengan kelebihan tersedianya semua asam amino esensial dan kecukupannya menyediakan asam-asam amino lisin, metionin dan histidin. Hasil perikanan secara umum mempunyai kelebihan karena merupakan produk yang beresiko rendah, aman dan halal, dapat mengurangi atau menghambat  berbagai penyakit, merupakan sumber protein yang berkwalitas tinggi dengan asam-asam amino yang mencukupi, secara umum kandungan lemaknya rendah, dan kolesterol rendah.
Ikan gabus telah lama dikenal sangat bermanfaat bagi kesehatan sebagai pengobatan tradisional maupun pengobatan modern. Di Indonesia telah banyak dilakukan penelitian dan studi kasus dalam pemanfaatan ikan gabus untuk peningkatan albumin maupun protein tubuh dan hasilnya sangat memuaskan.  Bahkan selain meningkatkan albumin dan protein tubuh yang sangat cepat dan efektif karena bernilai biologis tinggi, sangat mudah diserap oleh saluran pencernaan dan mengandung asam amino yang lengkap, juga dapat mempertahankan albumin dan protein dalam batas normal, juga baik untuk memulihkan kondisi tubuh yang lemah, misalnya pada pasien stroke dan gagal ginjal dan membantu metabolisme, misalnya pada pasien Diabetes Mellitus karena mengandung vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, juga membantu bagi yang mengalami anemia akibat kekurangan darah (Haemoglobin) dan zat besi.

Sumber : Tabloit “Akuamina”  Edisi 25, 1 – 15 Nopember 2011 Tahun I.

Tidak ada komentar: